cara pesan gold-g

Penyakit Lupus dan Cara Mengatasinya

Ditulis oleh: -

Penyakit Lupus dan Cara Mengatasinya - Kata Lupus merupakan nama yang aneh untuk sebuah penyakit. Kata lupus berasal dari bahasa Latin yang memiliki arti "serigala", dan penyakit ini memiliki ciri paling menonjol yaitu ruam atau bercak-bercak merah di pipi yang membuat penampilan si penderitanya terkesan seperti serigala. Meskipun demikian, hanya sekitar 30% dari penderita lupus yang memiliki ruam seperti "kupu-kupu" klasik tersebut.

Penyakit lupus adalah salah satu jenis penyakit autoimun, dimana sistem kekebalan tubuh malah berbalik menyerang sel tubuh sendiri sehingga mengakibatkan peradangan dan kerusakan jaringan. Penyakit ini juga dapat menyerang atau mempengaruhi hampir seluruh organ yang ada di dalam tubuh, tetapi paling umum mempengaruhi kulit, sendi, ginjal, jantung, dan pembuluh darah.

Penyakit ini dapat terjadi pada siapa saja, bersifat genetik atau dapat diturunkan dari orangtua yang menderita penyakit lupus kepada anaknya. Dan lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan dengan pria, meski belum diketahui apa penyebabnya, terutama wanita di usia yang masih produktif.

Lupus bukanlah penyakit menular, tetapi sebuah bentuk gangguan autoimun. Ada empat jenis lupus yang dikenal, yaitu:
  1. Lupus Diskoid (Kulit) >> Penyakit ini hanya terjadi pada organ kulit saja dan ditandai dengan ruam yang muncul pada wajah, leher, dan kulit kepala, tetapi tidak mempengaruhi organ internal.
  2. Lupus Sistemik (systemic lupus erythematosus, SLE) >> Penyakit lupus diskoid berevolusi dan berkembang menjadi lupus sitemik yang mempengaruhi organ internal seperti sendi, paru-paru, ginjal, darah, dan jantung. Penyakit ini terjadi pada sekitar 10% penderita lupus diskoid.
  3. Lupus karena pengaruh obat-obatan >> jenis lupus disebabkan oleh reaksi terhadap obat resep tertentu dan menimbulkan gejala sangat mirip dengan lupus sistemik, yaitu periode suar (ketika penyakit ini aktif) dan periode remisi (ketika penyakit ini tidak aktif).
  4. Lupus neonatal >> Merupakan jenis langka dari penyakit lupus, yaitu bisa terjadi pada bayi yang belum lahir dan bayi baru lahir dengan ciri memiliki ruam kulit dan komplikasi lain pada hati dan darahnya karena serangan antibodi dari ibunya.
Penyebab timbulnya penyakit ini karena faktor kepekaan dan faktor pencetus yaitu karena adanya infeksi, pemakaian obat-obatan, terkena paparan sinar matahari, pemakaian pil KB, dan stres. Meski demikian penyebab pasti dari penyakit ini masih belum diketahui, apakah timbul karena satu penyakit atau kombinasi dari beberapa penyakit yang berhubungan.

Tanda dan gejala penyakit lupus tergantung pada sistem tubuh yang terkena efek penyakit ini. Tapi secara umum tanda dan gejalanya sebagai berikut:
  • Kulit mudah gosong akibat terpapar sinar matahari secara langsung, serta timbulnya gangguan pencernaan.
  • Penderita merasa lemah, kelelahan yang berlebihan, demam dan pegal-pegal. Gejala ini terjadi pada masa aktif, dan hilang  pada masa remisi (nonaktif).
  • Pada kulit akan muncul ruam merah membentang di kedua pipi, mirip kupu-kupu.
  • Mengalami Anemia, terjadi akibat sel-sel darah merah yang dihancurkan oleh penyakit lupus ini.
  • Rambut sering rontok dan rasa lelah yang berlebihan.
Untuk mendapatkan kesembuhan secara total dari penyakit lupus ini sulit di dapatkan. Perawatan penyakit lupus bertujuan untuk mengurangi peradangan dan menekan sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif agar tidak menyerang organ vital tubuh. Obat-obatan yang paling umum digunakan untuk lupus adalah NSAID (obat anti-inflamasi non-steroid), obat antimalaria dan steroid. Obat-obatan tersebut dapat diberikan sendiri-sendiri atau dalam kombinasi. Dalam kasus yang parah, obat penekan imun seperti cytoxan, azathioprine dan methotrexate mungkin digunakan. Bahkan sekarang ini semakin banyak juga orang yang menderita lupus memilih menggunakan pengobatan dengan pengobatan tradisional atau herbal. Jika Anda ingin mendapatkan informasi mengenai Pengobatan Tradisional Penyakit Kronis silahkan klik DISINI!

0 comments "Penyakit Lupus dan Cara Mengatasinya", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment